Soto Tentrem, Legenda Kuliner Soto di Cilacap

Tentrem merupakan bahasa Jawa yang memiliki arti tenang. Mungkin warung soto ini ingin mensuasanakan tempat usahanya ini tenang dan nyaman untuk pemiliknya dan pelanggannya. Dahulu bertahun-tahun lamanya, Soto Tentrem berlokasi di Jl. Salak, samping gereja St. Stephanus Cilacap.

Namun semenjak 6 bulan lalu, karena ada perbaikan saluran air dan pelebaran jalan, warung soto ini berpindah tempat ke Jl. A Yani utara RS. Santa Maria Cilacap. Nah kini saat Tripo mampir dan mencicipi soto disini, tempatnya sudah berpindah lagi di Jl. A Yani depan SMPN 1 Cilacap.


Mungkin di tempat yang sekarang sudah merupakan pilihan permanent setelah pindah dari utara RS Santa Maria Cilacap.

Di tempat awal, di Jl, Salak samping Gereja. Soto Tentrem menempati bangunan kecil dan sangat sederhana. Kursi tempat makan hanya bisa menampung 8 s/d 10 pelanggan saja, itu pun dengan atap yang rendah dan sederhana.

Tapi sekarang setelah menempati tempat baru di depan SMP Negeri 1 Cilacap yang tidak jauh dari tempat semula di Jl. Salak, warung soto ini memiliki tempat yang lebih lega dan nyaman. Sesuai namanya Soto Tentrem.

Unik

Bertahun-tahun dan melegenda, olahan soto disini masih tetap mempertahankan rasa dan ciri khas. Nyaris tidak pernah berubah. Kuahnya, isi sotonya dan suwiran ayamnya. Masih tetap dan terjaga originalitasnya, termasuk suwiran ayamnya masih tetap menggunakan ayam kampung!

Gurih, manis dan khas rasa koya kacangnya mencirikan sekali olahan soto khas Banyumas.

Per porsi untuk soto campur lontong atau nasi dibanderol dengan harga Rp 15.000,-. Meskipun agak mahal dibanding soto-soto lain, tapi dengan harga 15k per porsi rasanya pantas karena suwiran ayamnya yang banyak menggunakan ayam kampung.

Menggunakan suwiran ayam kampung, rasa soto jadi lebih gurih, enak dan maknyuus!!

Mungkin ini yang membuat warung ini mampu bertahan dan bersaing dengan warung-warung soto pendatang baru lainnya. Meski tempat yang sederhana dan cenderung kurang longgar, saat masih berada di Jl. Salak, sedari buka pagi pukul 09.00 sampai tutup pukul 15.00, warung ini selalu ada saja pelanggannya duduk menikmati soto disini.

Ingin menikmati satu porsi soto saja disini juga bisa, atau ingin ditemani tambahan potongan ayam goreng kampung juga bisa banget. Belum pernah nyicip, boleh Gaes kalau pingin nyicip, maps seperti biasa terlampir di bawah ya Gaess.

Masih menggunakan maps lama, karena tempatnya juga tidak terlalu jauh dari lokasi lama. Hanya beberapa langkah saja. <Tr/Ar>


Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Soto Tentrem, Legenda Kuliner Soto di Cilacap"

Posting Komentar